Sistem Penyimpanan Gudang – Pro dan Kontra Rak Pallet, Mezzanine dan ASR

Teknologi yang terkait dengan sistem penyimpanan gudang telah meningkat secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir. Sekarang ada sistem manajemen gudang otomatis (WMS) dan robot forklift yang dipandu oleh lampu laser. Ada banyak jenis opsi penyimpanan yang dirancang lebih baik untuk tidak hanya meningkatkan pemanfaatan ruang tetapi juga efisiensi.

Pallet racking adalah teknik yang memanfaatkan rak sehingga barang dapat disimpan dalam berbagai tingkatan di atas tanah sehingga memanfaatkan ruang yang tersedia dengan lebih baik. Alih-alih terbatas pada penyimpanan hanya satu palet, sistem racking memungkinkan penumpukan hingga empat atau lima tingkat, meningkatkan pemanfaatan ruang berkali-kali.

Ada berbagai adaptasi dari sistem racking. Biaya total tergantung pada upgrade yang dipilih. Umumnya, sistem rak palet berada di tengah jalan dalam hal biaya; itu bukan yang paling mahal juga bukan yang termurah. Sistem ini adalah metode yang sangat baik untuk menyimpan barang dan dengan skema roller termasuk, palet dapat dengan mudah dipindahkan masuk dan keluar di kedua arah. Ada juga sistem racking yang sangat baik untuk menyimpan material berat.

Rak pallet bersih, efisien dan membutuhkan sedikit perawatan. Karena kuat dan dapat digunakan kembali, dapat dipindahkan dari lokasi ke lokasi. Palet rack bekas atau rekondisi dapat dibeli untuk menghemat biaya.

Ada dua kerugian pada sistem rak palet. Karena semua bahan yang disimpan harus berada di palet agar dapat dipindah-pindahkan, diperlukan persediaan palet yang besar. Kerugian lainnya adalah bahwa untuk sepenuhnya memanfaatkan sistem, truk-truk pengangkat garpu harus dapat mencapai palet yang tinggi di atas tanah.

Sistem penyimpanan mezzanine adalah metode yang lebih murah untuk memanfaatkan ruang gudang yang tersedia dengan sebaik-baiknya. Ini biasanya struktur yang dibangun antara lantai utama untuk menyimpan persediaan atau peralatan tambahan. Ini lebih murah daripada sistem lain dan dapat dipindahkan dari satu lokasi ke lokasi lain.

Sistem penyimpanan mezzanine paling baik digunakan dalam kondisi di mana tidak ada jumlah produk yang berlebihan ke gudang. Dalam operasi skala besar, ini bukan metode optimal untuk digunakan. Namun, biayanya lebih rendah daripada sistem lain.

ASRS – Sistem Penyimpanan dan Pengambilan Otomatis adalah sistem yang cukup baru diperkenalkan untuk penyimpanan gudang. Ini adalah sistem kompleks yang menggunakan komputer untuk menyimpan dan mengingat material berdasarkan lokasi penyimpanan. Ruang lantai dimaksimalkan karena tidak ada batasan ketinggian oleh operator fork lift.

Sistem ASRS sangat mudah beradaptasi dan dapat digunakan untuk gudang baik produk besar maupun kecil. Ada penghematan yang signifikan karena sistem itu otomatis dan membutuhkan tenaga manusia yang lebih sedikit. Terlepas dari kebutuhan tenaga manusia yang lebih kecil, sistem ini lebih mahal untuk dipasang daripada sistem mezzanine atau sistem palet, ditambah ada biaya pemeliharaan yang tinggi yang terkait dengan operasi ASRS.

Ruang, tenaga kerja, dan kerusakan produk adalah komponen mahal untuk operasi gudang. Untungnya, ada banyak sistem penyimpanan yang efektif dan hemat biaya yang tersedia yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan khusus.

Author admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *