Manfaat Cokelat Gelap – Apakah Itu Lebih Besar daripada Biaya?

Jika Anda kebetulan seorang "chocoholic," ada beberapa kabar baik untuk Anda: cokelat tidak hanya tidak sehat seperti yang diperkirakan sebelumnya, tetapi banyak dokter sekarang benar-benar mendorong masyarakat untuk mengkonsumsinya. Salah satu jenis cokelat tertentu dapat bermanfaat bagi gusi, mata, jantung, arteri dan bahkan seluruh sistem kekebalan tubuh Anda. Ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan menyeimbangkan tekanan darah dan gula darah. Namun, sebelum Anda kehabisan permen batangan dalam jumlah besar, ketahuilah bahwa tidak semua jenis cokelat akan memberikan manfaat seperti itu.

Cokelat hitam, yang dibuat dari biji coklat alami, telah direkomendasikan untuk dikonsumsi bahkan hingga tiga kali sehari. Ini karena biji kakao adalah makanan dengan tingkat antioksidan tertinggi yang pernah ada, yang melindungi tubuh dari stres oksidatif yang terlibat dengan penuaan. Makanan lain, seperti anggur merah, teh, dan beberapa buah-buahan dan sayuran juga menawarkan manfaat kesehatan yang sama, tetapi coklat masih tetap berada di puncaknya ketika berkaitan dengan banyaknya antioksidan. Senyawa antioksidan ini disebut flavanol, yang mungkin memasok manfaat kesehatan cokelat hitam.

Ironisnya, flavanol benar-benar terasa sangat pahit, sehingga banyak perusahaan yang membuat batang permen mengambil sebagian besar flavanol untuk membuat rasa cokelat lebih baik. Ini jelas memotong cokelat dari sebagian besar manfaat kesehatannya. Selain itu, tidak ada cara untuk mengetahui permen mana yang paling sehat, karena perusahaan tidak mengindikasikan berapa banyak flavanol yang tersisa dalam produk akhir. Inilah sebabnya mengapa membeli permen cokelat gelap hanya untuk mendapatkan efek kesehatan mungkin tidak berfungsi.

Juga perlu diingat bahwa coklat susu tidak membuat fasilitas kesehatan yang sama. Semakin gelap cokelat, semakin banyak flavonoid yang mengandung flavanol, artinya coklat susu menawarkan lebih sedikit manfaat kesehatan daripada cokelat hitam. Jelas ini menunjukkan bahwa coklat putih menawarkan lebih sedikit; sebenarnya, tidak mengandung flavonoid.

Cara terbaik untuk memanfaatkan manfaat kesehatan yang ditawarkan dalam dark chocolate adalah membeli cokelat paling gelap yang tersedia dengan sedikit bahan tambahan, mungkin dari toko makanan kesehatan. Pilihan lainnya adalah membeli salah satu produk terbaru di mana cokelat hitam diresapi dengan acai berry, antioksidan yang membantu mengurangi penyakit jantung dan pembuluh darah. Cokelat hitam dan aça pergi bersama-sama dengan baik karena keduanya memiliki kekuatan antioksidan, dan açaí membantu rasa coklat gelap yang dipenuhi flavanol.

Tetapi bahkan jika Anda menemukan produk semacam itu, sadarilah bahwa itu bukanlah obat ajaib. Meskipun manfaatnya bagi kesehatan, dark chocolate masih mengandung kalori dan sedikit lemak, dan kelebihannya adalah tidak sehat. Bahkan terlalu banyak cokelat hitam dan produk açaí bisa berbahaya. Inilah sebabnya mengapa dokter menyarankan beberapa coklat hitam, anggur merah, atau makanan lain yang memiliki manfaat kesehatan setiap hari, tetapi menyarankan pasien untuk membatasi asupan mereka, karena terlalu banyak hal dapat merugikan.

Author admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *