Biaya Pengiriman dan Incoterms: Menavigasi Siapa yang Harus Membayar Pengiriman Anda

[ad_1]

Salah satu dilema yang terjadi ketika menegosiasikan perjanjian ekspor atau impor adalah siapa yang akan membayar biaya pengiriman. Karena manusia telah memperdagangkan komoditas selama ribuan tahun, evolusi Incoterms oleh Kamar Dagang Internasional pada tahun 1919 membantu menciptakan bahasa bagi mereka dalam bisnis perdagangan untuk memahami istilah dasar siapa yang bertanggung jawab atas apa yang ada dalam perjanjian transaksi. Biaya pengiriman dapat menjadi bagian dari kesepakatan antara pembeli dan penjual, di mana ia dapat membuat atau menghancurkan kesepakatan, dengan siapa yang membayarnya dan bagaimana itu diatur. Ulasan dari setiap Incoterms akan membantu mengarahkan siapa pihak yang bertanggung jawab dalam setiap transaksi.

Ex-Works (EXW) – Semua pengaturan dari pabrik penjual ke pintu pembeli dilakukan oleh pembeli. Pembeli akan bertanggung jawab atas biaya pengiriman, asuransi, dan bahkan biaya pedalaman di negara asing dari pabrik ke pelabuhan ekspor.

Operator Gratis (FCA) – Penjual bertanggung jawab atas barang sampai mencapai gudang operator tempat kargo dipesan untuk dimuat untuk diekspor. Pembeli harus membayar risiko dan pembongkaran barang ke gudang operator jika operatornya adalah kapal laut, maskapai penerbangan, perusahaan kereta api atau truk.

Free Alongside Ship (FAS) – Istilah ini hanya berlaku untuk pengiriman laut dan darat. Di sinilah penjual bertanggung jawab membongkar muatan di gudang kapal di pelabuhan ekspor. Pembeli masih bertanggung jawab untuk memuat kapal begitu liner laut dijadwalkan, sehingga pembeli harus membayar biaya pergudangan tambahan jika berlaku. Semua risiko lainnya adalah pada pembeli untuk membayar semua biaya pengiriman, asuransi, bea masuk, pengaturan ekspor.

Gratis On Board atau Freight on Board (FOB) – Penjual bertanggung jawab atas pengangkutan darat ke pelabuhan ekspor, pembongkaran ke gudang pengangkut ekspor dan pemuatan pengangkut ekspor. Risiko kemudian ditransfer ke pembeli setelah barang berada di kapal, dan pembeli kemudian akan bertanggung jawab atas biaya pengiriman dan risiko lainnya dengan pengiriman.

Carriage Paid To (CPT) – Penjual bertanggung jawab atas muatan pedalaman ke pelabuhan ekspor, pembongkaran di gudang pengangkut ekspor, pemuatan pada pengangkut dan biaya pengangkutan ke pelabuhan impor. Pembeli biasanya akan bertanggung jawab untuk barang-barang seperti biaya penanganan terminal di pelabuhan impor, tetapi dapat menjadi bagian dari perjanjian bahwa penjual bisa bertanggung jawab karena bisa menjadi bagian dari layanan pengiriman. Semua biaya pengiriman lainnya, termasuk asuransi, ditransfer ke pembeli di pelabuhan impor.

Biaya dan Pengangkutan (CFR atau C & F) – Istilah ini digunakan dalam pengiriman laut dan perairan. Penjual bertanggung jawab atas muatan pedalaman ke pelabuhan ekspor, pembongkaran di gudang pengangkut ekspor, pemuatan pada pengangkut dan biaya pengangkutan ke pelabuhan impor. Pembeli bertanggung jawab atas barang, dan asuransi, setelah berada di atas kapal dan semua biaya pengiriman di pelabuhan muat termasuk bongkar muat barang.

Biaya Pengangkutan dan Asuransi (CIF) – Penjual bertanggung jawab atas semua biaya pengiriman dari pabrik mereka ke pelabuhan impor seperti di CFR, satu-satunya perbedaan adalah penjual membayar untuk asuransi pengiriman. Pembeli bertanggung jawab atas semua biaya pengiriman di pelabuhan muat termasuk tugas dan transportasi ke tujuan akhir mereka.

Asuransi Pembayar Dibayar (CIP) – Incoterm yang lebih baru, yang khusus ini termasuk pembeli dan / atau penjual bertanggung jawab atas biaya pembongkaran di pelabuhan impor dan pemuatan truk di pelabuhan impor. Ini adalah istilah yang dibuat khusus untuk apa yang dibeli pembeli / penjual dalam transaksi. Penjual memang menanggung semua risiko ekspor, asuransi, dan biaya yang terkait dengan pengiriman produk. Pembeli akan tetap bertanggung jawab untuk mengimpor bea dan gerbong ke tujuan akhir.

Dikirim di Terminal (DAT) – Penjual bertanggung jawab atas semua biaya pengiriman untuk ekspor, asuransi, dan pemuatan dari dan ke bongkar muat dari operator. Pembeli akan memikul tanggung jawab biaya di pelabuhan pengiriman impor termasuk pengangkutan ke tujuan dan bea impor.

Disampaikan di Tempat (DAP) – Penjual bertanggung jawab untuk semua biaya pengiriman ekspor, asuransi, bongkar muat dari operator dan ke tujuan akhir yang ditunjukkan oleh pembeli. Pembeli bertanggung jawab atas pembongkaran di tujuan akhir dan bea masuk, bea, dan pajak impor yang terutang pada pengiriman.

Delivered Duty Paid (DDP) – Dalam pengiriman ini, pada dasarnya penjual bertanggung jawab atas semua barang pada pengiriman dari ekspor ke impor, termasuk bea masuk dan izin impor. Satu-satunya hal yang harus dibayar pembeli adalah pajaknya sendiri, seperti pajak pendapatan atau penjualan apa pun berdasarkan pendapatan pengiriman.

[ad_2]

Author admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *